Monday, October 15, 2012

FOBS’s Notes


ON CONSUMER BEHAVIOR CLASS ,
Graduate Program of Management Universitas SUMATRA UTARA


di hari Minggu, 14 Oktober 2012. Prof Dr Ir Ujang Sumarwan mengajar  kuliah di Universitas Sumatera Utara mengenai perilaku konsumen. Kuliah perilaku konsumen pada hakikat-nya.
mempelajari "Why do consumers do what they do". Studi perilaku konsumen adalah studi bagaimana seorang individu/organisasi membuat keputusan untuk mengalokasikan sumber daya yang tersedia(waktu, uang, usaha dan energi). Studi perilaku konsumen meliputi: 4W+2H (What they buy? Why they buy it? When they buy it? Where they buy it?Where they buy it? How often they buy it? How often they use it?)


Perilaku konsumen umumnya dimotivasi dari kebutuhan dan tujuan konsumen tersebut. Kebutuhan dan tujuan konsumen tersebut dipenuhi dengan membeli dan menggunakan produk dan jasa.
Pada tahun 1943, Abraham Maslow mengajukan paper yang berjudul "A Theory of Human Motivation" yang mengemukakan lima kebutuhan manusia seperti di gambar Maslow's Hierarchy of Needs.


Menurut teori Maslow, manusia berusaha memenuhi kebutuhan di tingkat rendah (level Physiological) terlebih dahulu sebelum memenuhi kebutuhan yang lebih tinggi (level Self-Actualization).


bagi Produsen atau Organisasi mengetahui perilaku konsumen adalah langkah terbaik dalam Strategi Pemasaran terhadap produk dan jasa.

"Know your customer before competitor know it" by FOBS