ON CONSUMER BEHAVIOR CLASS ,
Graduate Program of Management Universitas SUMATRA UTARA
di
hari Minggu, 14 Oktober 2012. Prof Dr Ir Ujang Sumarwan mengajar kuliah di Universitas Sumatera Utara mengenai perilaku konsumen. Kuliah perilaku konsumen pada
hakikat-nya.
Perilaku konsumen umumnya dimotivasi dari kebutuhan dan tujuan konsumen tersebut. Kebutuhan dan tujuan konsumen tersebut dipenuhi dengan membeli dan menggunakan produk dan jasa.
Pada tahun 1943, Abraham Maslow mengajukan paper yang berjudul "A Theory of Human Motivation" yang mengemukakan lima kebutuhan manusia seperti di gambar Maslow's Hierarchy of Needs.
Menurut teori Maslow, manusia berusaha memenuhi kebutuhan di tingkat rendah (level Physiological) terlebih dahulu sebelum memenuhi kebutuhan yang lebih tinggi (level Self-Actualization).
bagi
Produsen atau Organisasi mengetahui perilaku konsumen adalah langkah
terbaik dalam Strategi Pemasaran terhadap produk dan jasa.
"Know your customer before competitor know it" by FOBS
"Know your customer before competitor know it" by FOBS