Thursday, August 9, 2012

Strategi Pemasaran Ditinjau Dari Sudut Pandang Customer (5C) by FOBS

Dalam bauran Pemasaran (Marketing Mix), ada dua sisi bauran pemasaran yang dikenal yaitu
*ditinjau dari sudut pandang Perusahaan, kita kenal dengan sebutan 4P (Place, Product, Promotion and Price)


*ditinjau dari sudut pandang Customer ada 4C +1C (by FOBS)

1. Customer need and wants
  memberikan apa yang dibutuhkan dan diinginkan customer terhadap produk dan jasa tersebut
2. Cost
  memberikan harga yang atraktif terhadap produk dan jasa tersebut ke customer.
3. Convenience
  Produk dan jasa tersebut dapat diperoleh customer dengan proses yang mudah dan cepat
4. Communication
  Terhadap customer, ktia mampu mengerti dan mengenal apa2 saja yang dikeluhkan dan saran yang  diberikan dengan bantuan Customer Service.

empat macam hal tersebut sudah kita ketahui, ada satu hal lagi yang menjadi strategi pemasaran bagi perusahaan sekarang. Strategi ini selalu dilakukan tapi tidak dianggap sebagai salah satu strategi Pemasaran yang paling baik.

Strategi ini dikenal F dengan CSR

5. CSR (Corporat Social Responsibilty)
 Strategi dengan CSR oleh F ini mampu memberikan kontribusi yang besar dalam pemasaran produk dan jasa  terhadap customer. Jarang kita melihat strategi ini sebagai peluang untuk meningkatkan pangsa pasar...

karena ada istilah yang menyatakan

"If you can’t give what customer want, then customer don’t give what you want" by FOBS
 

No comments:

Post a Comment