Wednesday, November 5, 2014

Analisis Strategi pada Produk "Sari Roti" by FOBS


Mencoba menganalisis strategi pada produk "Sari Roti"




Produk "Sari Roti" diproduksi oleh PT Nippon Indosari Corpindo, Tbk yang berdiri pada tahun 1995 di Indonesia. Produk yang dihasilkan berupa roti dengan bentuk dan rasa yang beragam dalam kemasan plastik.
FOBS memberikan asumsi analisis Strategi produk ini dengan metode bauran pemasaran (5P) dengan sasaran segmen kepada anak-anak.

*PRODUCT
Dari segi produk, untuk segmen anak2,
-produk ini dibungkus dengan desain yang unik dan lebih berwarna sehingga menarik perhatian konsumen khususnya anak2.
-bonus tambahan berupa 1 bungkus susu atau varian produk lain (sosis) yang memberi rasa tambah yang lebih bermanfaat dan memberi rasa kenyang.

*PLACE
-Penyampaian produk kepada konsumen anak-anak dilakukan di sekolah, di taman bermain, kursus belajar, ataupun restoran.
-Pelayanan kepada konsumen, apabila produk telah kadaluarsa (tidak layak untuk dikonsumsi) dapat ditukar kembali dengan produk yang baru.


*PRICE
-Pemberikan diskon harga produk kepada pembeli anak-anak ataupun kepada orang tua yang membawa anak2.
-Pemberian potongan harga untuk produk baru yang ditukar karena telah kadaluarsa.


*PROMOTION
-Produk ini ditawarkan kepada anak-anak TK maupun sekolah dasar dengan metode pengenalan akan pola makan sejak dini.
-Pemberian bonus bagi setiap pembeli yang membeli produk dengan kuantitas yang banyak. (give more if the buy more)

dan yang terakhir adalah Psycology Consumer, yaitu cara untuk mengubah sikap dan pengalaman konsumen dalam mengkonsumsi suatu produk. Apabila suatu produk mulai dikonsumsi dari sejak dini, akan mempengaruhi pola hidup konsumen ke depan-nya.


NOTE FOBS
"Jika produk tersebut mulai dikonsumsi sejak dini, maka semakin ke depan peluang pangsa pasar produk tersebut akan semakin bertambah seiring pertumbuhan konsumen anak-anak menjadi konsumen dewasa."


Thanks, Semoga bermanfaat.