Thursday, October 31, 2013

How to increase Revenue with FOBS



HOW to Increase Revenue...
adalah pertanyaan yang sering diajukan oleh pihak manajemen dalam menjalankan perusahaan.
Ada empat metode yang perlu diketahui untuk peningkatan keuntungan pada perusahaan menurut FOBS





F (Focus to the customer)
Fokus kepada konsumen adalah mengetahui produk apa yang diinginkan konsumen (Wants), bukan apa yang dibutuhkan konsumen (Needs). Produk yang lebih spesifik dengan konsumen tertentu memberikan peluang bagi perusahaan untuk menjadi pelopor bagi produk konsumen yang inovatif. Contoh: perusahaan perangkat telepon hanya menjual produk di level high end (Apel)


O (Observe the new market)
Peningkatan keuntungan juga harus didasarkan dengan meningkatkan market share, sehingga mampu melihat peluang produk di pasar yang baru (blue ocean strategy) dan meningkatkan permintaan produk (demand) pada konsumen di pasar yang baru.

B (Benchmark to competitor)
Perusahaan juga harus melakukan perbandingan (benchmark) produk terhadap perusahaan pesaing atau sejenis. Metode yang umum dilakukan adalah dengan Analisis SWOT (Strenght Weaknesses, Opportunities Threats). Dengan metode ini, menghasilkan strategi pada manajemen dalam bersaing dengan perusahaan lain.

S ( Share with CSR)
Share with CSR (Corporate Social Responsibility) adalah bagaimana perusahaan yang sudah memperoleh keuntungan dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat dan lingkungan perusahaan tersebut dengan kegiatan yang disebut CSR.
Hal ini kurang diperhatikan beberapa manajemen perusahaan, karena hanya fokus pada peningkatan nilai digit dari keuntungan tersebut tanpa melihat kedepannya. 
Apabila lingkungan dan masyarakat tidak sejahtera hal ini mengakibatkan keuntungan yang diperoleh hanya pada periode tertentu (tidak berkesinambungan). Di waktu tertentu, ketidakpedulian perusahaan dalam program CSR juga memberikan nilai buruk bagi keuntungan perusahaan.


By FOBS.